Senin, 16 November 2009

Pembangunan Empat Stadion di Jabar Segera Ditenderkan

Empat stadion bertaraf internasional di wilayah Priangan, Cirebon, Purwakarta, dan Bogor siap dibangun pada tahun 2010. Sehingga pada 2011, empat stadion tersebut sudah bisa digunakan masyarakat. Saat ini Pemprov Jabar akan membahas masalah pembangunan stadion ini bersama DPRD.

Jika DPRD menyetujuinya, proyek yang ditangani Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar ini akan segera menyewa konsultan dan melakukan tender. Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Juanda kepada wartawan di Gedung Sate, Jln. Diponegoro Bandung, Senin (2/11).

"Kita akan mengerjakan proyek stadion ini dalam dua tahap. Tahap pertama pada tahun 2010 menyewa konsultan, pelaksanaan tender, dan mulai pembangunan. Tahun 2011, kelanjutan pembangunan, finishing, dan sudah bisa digunakan," kata Deny.

Ia menyebutkan lahan yang akan digunakan untuk stadion tersebut minimal 6,5 hektare dengan anggaran dari Pemprov Jabar sekitar Rp 80 miliar sampai Rp 100 miliar/stadion. Lahannya harus disediakan kabupaten/kota. Desain stadionnya tidak jauh berbeda dengan Stadion Si Jalak Harupat.

"Untuk desainnya, mungkin seperti Stadion Si Jalak Harupat. Masalah ini akan kita konsultasikan dulu dengan konsultan atau bisa juga meminta izin Bupati Bandung untuk meminjamkan desain Stadion Si Jalak Harupat. Kalau desainnya masih utuh, kita tinggal me-review saja, gampang 'kan?" ungkapnya.

Menurutnya, di antara empat wilayah, yang sudah siap membangun stadion adalah Kota Tasikmalaya (wilayah Pringan) dan Kab. Cirebon (Wilayah Cirebon). Sementara itu, di Purwakarta dan Bogor tempatnya masih belum ditentukan.

Dikatakan, lartar belakang pembangunan stadion bertaraf internasional tersebut karena selama ini infrastruktur yang mewadahi kegiatan kepemudaan dan olahraga belum maksimal. "Selain itu, jika ada kegiatan olahraga, baik yang bertaraf nasional maupun internasional, kita tidak akan susah mencari sarana olahraga," ujarnya.

Di samping itu, pembangunan sarana olahraga itu sesuai dengan visi dan misi Jabar 2008-2012.

1 komentar: